Diposting oleh:

Ponpes Al-Hidayah Kaduaja Tana Toraja Menerima Kunjungan Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi Bidang Penmad Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan

Kaduaja (Humas PP Al-Hidayah) Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi Bidang Penmad, Drs. Muhammad Qasim, M.Pd beserta Tim Penilai Lomba Madrasah Sehat Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan melakukan dua agenda kegiatan di Ponpes Al-Hidayah Kaduaja yakni Memantau Pelaksanaan UMBK MAS Kaduaja berbasis digital serta melakukan penilaian lomba sekolah sehat di Ponpes Al-Hidayah Kaduaja. Rabu, 15 Maret 2022.

Dalam Kegiatan tersebut  Kasi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tana Toraja, Drs. Suardi, M.Pd. dan Pengawas Madrasah Kemenag Dra. Nurdiana Nurdin, M.Pd.I. turut hadir dan mendampingi Tim dari Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan.

Kedatangan TIM dari  Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan disambut oleh segenap keluarga besar Ponpes Al-Hidayah Kaduaja, Pimpinan Pondok, Ustad dan ustadzah serta para santri sejak pagi sangat antusias menunggu kedatangan rombongan dari Kanwil Kemenag Sulawesi Selatan, dan tiba pukul 11.45 wita. Kedatangan rombongan disambut dengan alunan nasyid merdu dari tiga santri Ponpes Al-Hidayah Kaduaja yang pernah menorah prestasi sebagai juara harapan I pada Fasi Tingkat Nasional di Banjarmasin tahun 2019.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Mutmainnah, dilanjutkan dengan sambutan dari Pimpinan Pondok, Safruddin, SE., Kasi Pendidikan Islam Kemanag Kab. Tana Toraja, Drs. Suardi, M.Pd., Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi Bidang Penmad, Drs. Muhammad Qasim,M.Pd dan ditutup dengan doa oleh Ustad Abdul Rahman, S.Pd.I.

Dalam Sambutannya, Pimpinan PP Al-Hidayah Kaduaja menyampaikan Ucapan terima kasih kepada Tim  dari Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan yang kunjungan secara resmi di Ponpes Al-Hidayah Kaduaja. Kunjungan kali ini merupakan kunjungan pertama secara resmi dari Kanwil Kemenag Provinsi sejak berdirinya lembaga ini.

Beliau juga menyampaikan bahwa “Ditengah keterbatasan lembaga ini, baik dari sarana maupun prasarana belajar, lembaga ini terus berbenah meningkatkan kualitas akademik maupun non akademik. Untuk pelaksanaan UMBK MAS dan MTs. Kaduaja tahun pelajaran 2021/2022 Ujian dilaksanakan secara digital dan selanjutnya terus ditingkatkan pada ujian semester yang akan datang.   Begitupun halnya prestasi di bidang akademik di  tahun 2021 mampu menunjukkan prestasi yang membanggakan. Pada kegiatan KSM tingkat Provinsi salah seorang santri meraih juara terbaik II matematika dan pada kegiatan OSSN SMA/MA di tingkat nasional  meraih 1 emas 1 perak dan 1 perunggu. Demi mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah diraih, kami sangat berharap kepada Kementerian Agama semoga kekurangan ruang kelas di lembaga ini bisa teratasi Ungkap Safruddin.

Sementara Kasi Pendidikan Islam Kabupaten Tana Toraja, Drs, Suardi, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Ponpes Al-Hidayah  adalah Pondok yang `masih baru dan didirikan pada tahun 2018. Walaupun demikian sudah mampu melaksakan  tujuh prinsip dasar keberadaan Pondok Pesantren. Oleh karena itu lembaga ini mampu berbenah  dalam peningkatan kualitas akademik dan non akademik. Harapan kami bahwa salah satu ruang kelas yang belum selesai  pekerjaannya dan belum bisa difungsikan, kedepan ada anggaran yang bisa digunakan untuk melanjutkan pembangunannya dan bisa difungsikan  untuk membina anak-anak bangsa di lembaga ini lebih maksimal.

Drs, Suardi, M.Pd juga menghimbau “atas terpilihnya Ponpes Al-Hidayah Kaduaja mengikuti  Lomba Madrasah Sehat agar menampilkan apa adanya, jangan memaksakan diri menyiapkan apa yang tidak ada karena pada dasarnya lingkungan Ponpes Al-Hidayah Kaduaja udaranya sejuk dan bersih”.

Pada sambutan terakhir, Kasi Kurikulum dan Evaluasi Bidang Penmad, Drs. Muhammad Qasim,M.Pd menyampaikan bahwa “Bapak Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan menitip salam kepada seluruh kepada seluruh civitas akademik Ponpes Al-Hidayah Kaduaja, sedianya Beliau inginberkunjung dan mengelilingi semua Madrasah tapi mengingat jadwal bersamaan se-Sulawesi Selatan sehingga diamanahkan kepada kami untuk mewakili Bidang Penmad berjalan untuk kegiatan yang sudah terjadwal secara  yakni  memantau pelaksanaan Ujian Madrasah di MAS Kaduaja sekaligus melakukan Penilaian Madrasah Sehat.

Lebih lanjut Beliau menyampaikan bahwa ”Kami bersama tim mengapresiasi perkembangan Pondok Pesantren Al-Hidayah Kaduaja, dalam waktu yang relatif singkat untuk sebuah Pondok Pesantren sudah bisa berbenah dengan baik. Silahkan dijaga, dan terus dikembangkan karena lembaga ini adalah merupakan jejak kaki yang monumental yang diwariskan kepada generasi dan umat di masa yang akan datang. Semangat yang luar biasa untuk mengembangkan lembaga ini yang sudah ditunjukkan oleh teman-teman dan ini menjadi inspirasi tersendiri bagi kami semua, kemudian bisa membantu untuk mengkomunikasikan dan seterusnya hal-hal yang bisa kita diskusikan dalam rangka pengembangan kelembagaan kedepan.

Terakhir beliau berpesan bahwa “Silahkan bangun komunikasi yang efektif terutama dalam merespon amanah Menteri Agama RI tentang program-program strategis berbasis Pondok Pesantren secara nasional, apalagi dengan diterbitkannya Perpres No 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren atau lebih popular disebut Perpres Dana Abadi Pesantren. Ini harus direspon positif oleh keluarga besar Ponpes Al-Hidayah Kaduaja, sehingga peluang-peluang yang memungkinkan kita dorong dan kita kembangkan silahkan buat analisis yang cermat, diusul ke yang berkompoten untuk kemudian mendapatkan apresiasi”. Ungkap Drs. Muhammad Qasim,M.Pd

Penulis: Awal Sukry

Berita Lainnya

WhatsApp Image 2024-07-23 at 15.09.21
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
Sambut KSM Provinsi, Kemenag Tana Toraja Gelar Rapat Pemantapan
WhatsApp Image 2024-06-11 at 11.43.03
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
Membludak. Ponpes Al-Hidayah Kaduaja dan DPK BKPRMI Kecamatan Gandangbatu Sillanan  Sukses Gelar Dua Acara Bersamaan.
WhatsApp Image 2024-04-04 at 11.18.23 AM
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
Sukses, 99% Santri MAS Al-Hidayah Kaduaja Tana Toraja Lolos ke PTN Tahun 2024
latar (1)
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
Kecamatan Gandangbatu Sillanan Boyong Trophy Juara Umum MTQ Tingkat Kabupaten Tana Toraja XXIII Tahun 2024
WhatsApp Image 2024-01-11 at 18.00.45 (1)
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
Renovasi Selesai, Asrama Putra Ponpes Al-Hidayah Kaduaja Kembali Difungsikan