Diposting oleh:

Kemeriahan Halal Bihalal Menyatu Dalam Porseni Remaja Masjid Kecamatan Rano dan Bonggakaradeng Tana Toraja

Halal Bihalal dan Porseni Remaja Masjid se-Kecamatan Rano dan Bonggakaradeng merupakan pergelatan tahunan yang dilaksanakan oleh Panitia Poseni, BKPRMI , KUA Kecamatan Rano dan Bonggakaradeng.

Kegiatan akbar ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tana Toraja, dr Zadrak Tombe pada tanggal 03 Mei 2022 di Masjid Nurhidayah Puru Lembang Rano Utara Kecamatan Rano Kabupaten Tana Toraja, dan berlangsung mulai tanggal 03 s/d 08 Mei 2022

Ketua Panitia, Amir Loga pada acara pembukaan menyampaikan ucapan syukur atas terselenggarnya kegiatan tahunan di dua Kecamatan, mengingat dua tahun tidak sempat melaksankan kegiatan serupa dikarenakan belum ada kelonggaran akibat Pandemi Covid- 19, maka tahun 2022 kembali digelar dengan dengan tema “Menuju  Toraja Mala’bi’ “

Amir Loga juga menyampaikan bahwa “Porseni ke-33 merupakan porseni paling bersejarah selama pelaksanaan porseni, dimana baru pertama kali Porseni dihadiri oleh pemerintah daerah. Oleh karena itu kami bangga dan berterimah kasih kepada Bapak Wakil Bupati berkenan hadir untuk membuka acara ini”.

Pada kesempatan yang sama KUA Kecamatan Rano dan Bonggakaradeng, Ahmad Roning melaporkan jumlah masjid yang hadir sebanyak 24 masjid mengikuti 12 cabang seni dan 5 cabang olahraga.

Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombe sebelum membuka kegiatan porseni secara resmi  beliau  menyampaikan apresiasinya kepada Panitia Porseni yang telah melaksanakan kegiatan sebagai wadah untuk membentuk karakter anak bangsa yang sejalan dengan program prioritas pemerintah yang sementara digaungkan

Zadrak Tombe juga menyampaikan bahwa “Terlaksananaya kegiatan ini dengan dihadiri oleh para pendeta dan majelis gereja merupakan bukti nyata bahwa toleransi dan kerukunan beragama masih terjaga dan menjadi hal yang sangat diutamakan. “Toraja sebagai miniatur toleransi umat beragama di Indonesia,” tambahnya.

Dengan dibukanya acara secara resmi, Para kafila dari setiap masjid begitu antusias mempersiapkan pesertanya untuk mengikuti setiap kegiatan yang dilaksanakan selama 6 hari, baik di bidang seni maupun olahraga.

Di bidang seni para peserta Qori’/Qoriah, Da’i/da’iyah, Muadzin cilik, grup qasidah klasik berusaha untuk menunjukkann kepiawainnya di atas panggung utama dan berusaha menjadi yang terbaik. Para penonton dan dewan hakimpun tetap setia menyaksikan penampilan demi penampilan sampai tengah malam.

Begitupun halnya di bidang olahraga, para remaja dari setiap masjid berusaha untuk mendatangkan para pemain impor propesional dari berbagi daerah dan menjadi hiburan tersendiri bagi para penonton yang hadir setiap harinya. Tidak sedikit dari masyarakat  yang hadir, diperkirakan ribuan penonton setiap hari datang menyaksikan pertandingan olahraga yang digelar.

Diselah acara kegiatan berlangsung, Anggota DPR RI Komisi X Mitra Fahruddin turut hadir menyambangi peserta porseni dan memberikan support dan bantuan kepada panitia. Bantuan tersebut sebagai bukti kepedulian Mitra Fahruddin terhadap kegiatan kegamaan yang dilaksanakan. Beliau berharap semoga bantuan tersebut bisa bermanfaat dan menunjang kelancaran kegiatan yang semntara dilaksanakan.

Setelah kegiatan dilaksanakan selama 6 hari, acara Halal Bihalal dan Poreni Remaja Masjid kecamatan Rano dan Bonggakaradeng XXXIII resmi  ditutup pada tanggal 8 April 2022 oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tana Toraja Tamrin Lodo

Sebelum Tamrin Lodo menutup kegiatan tersebut, Beliau berpesan agar dengan hala bihalal porseni remaja masjid tetap menjaga persatuan dan kesatuan, saling memaafkan antara satu dengan yang lain serta tetap menjaga kerukunan antar umat beragama.

Acara penutupan tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPD BKPRMI Tana Toraja, Ahmad Bartanamal.

Dalam sambupatnnya Ahmad Bartanamal Patappa menyampaikan apresiasi kepada panitia yang telah menggelar kegiatan halal bihalal dan Porseni antar remaja masjid.

“Dengan kegiatan tersebut menjadi pemersatu diantara sesama remaja masjid, wadah untuk saling merangkul- semua kalangan serta salah satu cara untuk mengikuti sunnah nabi yakni berolahraga. Dengan berolahraga diri kita akan menjadi kuat” ungkap Ahmad Bartanamal.

Setelah semua rangkaian acara penutupan, Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tana Toraja Tamrin Lodo diberi amanah untuk menyerahkan piala bergilir kepada Ketua Kontingen Remaja Masjid Jabal Nur Pongkamisi Rahmad Kadir sebagai peraih Juara Umum Poseni Remaja Masjid se-Kecamatan Rano dan Bonggakaradeng ke-33.

(Awal Sukry)

Berita Lainnya

WhatsApp Image 2024-07-23 at 15.09.21
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
Sambut KSM Provinsi, Kemenag Tana Toraja Gelar Rapat Pemantapan
WhatsApp Image 2024-06-11 at 11.43.03
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
Membludak. Ponpes Al-Hidayah Kaduaja dan DPK BKPRMI Kecamatan Gandangbatu Sillanan  Sukses Gelar Dua Acara Bersamaan.
WhatsApp Image 2024-04-04 at 11.18.23 AM
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
Sukses, 99% Santri MAS Al-Hidayah Kaduaja Tana Toraja Lolos ke PTN Tahun 2024
latar (1)
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
Kecamatan Gandangbatu Sillanan Boyong Trophy Juara Umum MTQ Tingkat Kabupaten Tana Toraja XXIII Tahun 2024
WhatsApp Image 2024-01-11 at 18.00.45 (1)
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
Renovasi Selesai, Asrama Putra Ponpes Al-Hidayah Kaduaja Kembali Difungsikan