Diposting oleh:

Wisata Dakwah Santri Ponpes Al-Hidayah Kaduaja Tana Toraja Kembali Digelar di Kalimbua’ Desa Tongko Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang

Baroko (Humas Ponpes Al Hidayah) – Pengajian keliling santri dan orang tua santri yang dikemas dalam Wisata Dakwah Ponpes Al Hidayah Kaduaja kembali digelar di Kalimbua’, Desa Tongko Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang.

Para santri sangat gembira dan antusis untuk hadir pada pengajian yang digelar hari ini, Ahad 30 Oktober 2022 dirumah Orang Tua Santri Abrar Mubaraq dan Khalil. Pengajian tersebut dihadiri oleh ratusan jamaah yang terdiri dari Santri dan Pembina Ponpes Al-Hidayah Kaduaja, Orang Tua Santri, Jamaah Masjid dan beberapa tokoh agama di Kalimbua.

Pada pengajian kali ini yang mengambil peran adalah santri yangsantri  mendapat giliran pengajian yakni Khalil sebagai Protokol dan Abrar Mubaraq sebagai pembawa materi ceramah.

Dalam ceramahnya, Abrar Mubaraq mengajak kepada para santri bahwa “Untuk mencapai kesuksesan ada tiga hal yang perlu ditanamakan dalam diri kita terutama teman-teman santri yakni Pertama. Keyakinan. Kesuksesan hidup dapat diperoleh dengan bekal keyakinan yang kuat. Tanpa adanya keyakinan seseorang tidak mungkin bisa mendapatkan kesuksesan tersebut. Maka, sebagai orang beriman, sejak awal kita telah ditarbiyah dengan iman. Iman adalah keyakinan yang sempurna (al-iimanu alyaqiinu kulluhu) yang dihunjamkan dalam hati, diucapkan dalam lisan, dan dibuktikan dengan amal perbuatan. Kedua, Kunci kesuksesan selanjutnya adalah semangat perubahan (hijrah), baik perubahan tempat (hijrah makaniyyah) maupun perubahan sikap (hijrah ma’nawiyah). Ketiga Kesungguhan. Apabila ia bersungguh-sungguh maka semua masalah yang menghadang di tengah jalan akan mudah teratasi dengannya. Sebaliknya, orang yang tidak bersungguh-sungguh atau melakukan sesuatu dengan setengah hati maka akan terasa lebih sukar untuk menggapai kesuksesan.

Sementara Ramli Parewa yang mewakili pembina pondok dalam sambutannya memberikan kembali memotivasi kepada santri, orang tua santri dan seluruh jamaah bahwa  “Begitu banyak tantangan yang akan dihadapi oleh para pencari ilmu, hanya orang-orang sabar dan bersungguh-sungguh untuk bisa sampai pada tujuan yang dicita-citakan, terutama santri yang mondok. Abrar Bubaraq adalah satu dari sekian santri yang sudah merealisasikan kesungguhan tersebut. Ketika beliau masuk di PP Al-Hidayah Kaduaja mengajinya strar dari Iqro 3, namun sekarang sudah sering mengikuti lomba Tilawah dan bahkan sudah mewakili Tana Toraja pada kegiatan Porsadin tingkat provinsi yang dilaksanakan di Makassar.”

Selepas kegiatan, dalam bincang-bincang santai beberapa jamaah dan orang tua menyampaikan ucapan rasa syukur karena anak mereka sudah dilatih baik dari segi mengaji maupun ceramahnya. Mereka menyampaikan kebahagiaan yang tak ternillai ketika melihat anak-anak mereka bisa menyampaikan pesan-pesan kebaikan ditengah-tengah keluarga dan jamaah. Ini adalah sebuah keberhasilan yang telah dicapai dalam pembinaan di Ponpes Al-Hidayah Kaduaja. Mereka berharap kedepan semakin banyak santri yang bisa melanjutkan dan bergabung bersama dengan para santri di PP Al-Hidayah Kaduaja

Awal Sukry (red)

Berita Lainnya

WhatsApp Image 2024-07-23 at 15.09.21
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
Sambut KSM Provinsi, Kemenag Tana Toraja Gelar Rapat Pemantapan
WhatsApp Image 2024-06-11 at 11.43.03
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
Membludak. Ponpes Al-Hidayah Kaduaja dan DPK BKPRMI Kecamatan Gandangbatu Sillanan  Sukses Gelar Dua Acara Bersamaan.
WhatsApp Image 2024-04-04 at 11.18.23 AM
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
Sukses, 99% Santri MAS Al-Hidayah Kaduaja Tana Toraja Lolos ke PTN Tahun 2024
latar (1)
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
Kecamatan Gandangbatu Sillanan Boyong Trophy Juara Umum MTQ Tingkat Kabupaten Tana Toraja XXIII Tahun 2024
WhatsApp Image 2024-01-11 at 18.00.45 (1)
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
Renovasi Selesai, Asrama Putra Ponpes Al-Hidayah Kaduaja Kembali Difungsikan